Sabtu, 05 Maret 2016

Mari nikmati setiap prosesnya!

Halo. Apa kabar? Entah kenapa minggu2 ini adalah minggu produktif gue untuk menulis blog. Inspirasi banyak berdatangan ketika.....sedang mengendarai motor saat di perjalanan. Yha.

Tetapi,

Berhubung dari bulan2 lalu dan bahkan minggu2 lalu gue disibukkan dengan deadline lain (re: proposal skripsi), inspirasi gue yang selalu berdatangan itu selalu gue abaikan dan kdg hanya gue catat di otak gue. Untung proposal skripsi udah kelar gue kerjain -diluar revisi setelah sidang proposal yha-, dan gue udah daftar sidang kemarin. Kayaknya sih sidangnya setelah gue PKL. Mohon doanya , teman2 :''')

Kemarin,

Untuk pertama kalinya gue ngumpul dan ngobrol2 lagi ama temen2 gue di kampus setelah kami semua disibukkan dengan penelitian masing2. Kemarin ngumpul karena ada bbrp dari teman kami yang sidang, so, yeah. Kami menonton mereka disaat mereka persentasi ttg topik penelitian mereka. Kami nonton mereka bukan untuk sekadar menonton sih, tapi bisa jadi pembelajaran kami semua sih pas sidang nanti, well, including me.

Berbagai macam emosi terlihat saat kami menonton sidang. Dan, berhubung gue agak telat pas nonton jadi yaa gue ngga terlalu banyak menyaksikan sih karena ya emang dari pagi ampe siang hari itu gue bener2 disibukkan dengan proposal dan surat pengantar dari FKIK untuk Bangdiklat RS Mintohardjo. Ngurus suratnya itu yang bikin lama dan ribet. Mesti bolak-balik kesana kemari. Belom lagi fotokopi dan nempelin amplop segala macem. Oh iya, ngga lupa juga kemarin sempet nyari kang potokopi yg sekiranya murah :"") *kapok fotokopi di tempat yang mahal*

Setelah ngurus surat di Minto kelar, gue langsung cussss ke kampus gue lagi untuk menyerahkan berkas persyaratan sidang proposal dan tentunya gue emang berencana nonton temen gue sidang. Kemarin sih tmen gue yang sidang itu si Olen, Ikhda, Adia dan Icak. Temen yang bisa gue tonton sidangnya full dari awal ampe akhir itu cuman si Adia. Seperti yang gue bilang tadi, banyak banget emosi yang terlihat disitu. Si Adia yang dicecar abis2an ama Bu Ismi dan si Ikhda yang ampe nangis gara2.......diserang ama Pak Yanis :""")

That's one of my reason WHY I wish that he wouldn't be my 'penguji proposal'. Beliau kurang suka dengan penelitian yang bertema klinis, which is that's my topic of research. Beliau selalu membandingkan apa bedanya penelitian klinis S1 dan D3. Positif thinking aja lah, mungkin beliau emang kurang memahami ttg pentingnya penelitian klinis untuk pasien :D

Back to sidang.

So, yes, gue melihat sekilas dari jendela pintu kalo si Ikhda diserang habis2an ama Pak Yanis. Dan gue juga selalu mendengar pertanyaan yang sama yang keluar dari mulut Pak Yanis ttg 'apa bedanya sih penelitian klinis S1 ama D3 karena yang saya lihat bla bla bla bla"ke teman2 yang tema penelitiannya ttg klinis. Ra uwis2 deh pokoke -___-

Trus setelah mereka sidang, gue, Addina, Moethia, Azmi, Endang dan teman2 lain ngumpul2 di depan ruang sidang skripsi mereview bbrp kejadian sidang yang udah kita tonton tadi. Banyak sih obrolannya, bukan cuma tentang sidang doang. Intinya sih disitu gue ngerasa kangen banget ama moment2 kayak gini. Moment ngumpul2 ama temen, ketawa bareng, ngecakkin bareng, nyemil bareng2. Asli deh, kemarin tuh gue seneng gitu bisa ngumpul lagi ama mereka. Saling menyemangati satu sama lain, saling mensupport dll. Obrolan kita pun skrg udah beda,

"cung, lo penelitian udah ampe mana?"

"ah, baru ini nih bla bla bla."

"Yah, daripada gue? Kemarin gue udah ke Bogor buat determinasi tumbuhan tapi ternyata malah bla bla bla"

"Asli dah, dosbing gue masa nyuruh gue ganti metode disaat gue udah jalan? Mana bahan gue belom nyampe."

Dan obrolan bertema ttg penelitian lainnya.

Gue disitu mikir sih, semua memang ada prosesnya dan pasti kita akan melalui itu. Gue inget banget, dulu waktu semester 4-6 gue agak mengeluh "Duh, pengen cepet2 skripsi aja rasanya.". Tapi sekarang begitu sedang ngalamin skripsi......gue kangen banget ama masa2 kuliah bareng temen2 gue. Gue sadar sih semua memang ada prosesnya cepet atau lambat. Apakah itu nanti pas gue seminar hasil, pas ujian kompre, wisuda dan lain-lain. Intinya sih, hidup itu pilihan. Apakah kita memilih bahagia dengan apa yang kita jalani atau selalu mengeluh terhadap semua rintangan2 yang ada.


Dan gue, memilih untuk menikmati setiap prosesnya.
Selamat bermalam minggu! :)

0 komentar:

Posting Komentar